16.58 Edit This 0 Comments »
Daihatsu Zebra Blind Van 1.3, Kendaraan Cargo Berbasis Van


Jika Anda sempat berkunjung ke stand Daihatsu pada pameran otomotif Gaikindo di JCC, beberapa hari yang lalu, tentu Anda akan menemukan sebuah display yang mungkin terbilang cukup unik dari tipe Daihatsu Zebra. Sekilas, bodinya mirip sekali dengan Daihatsu Zebra minibus. Namun, pintu bagian samping belakang dan pintu bagasi ternyata tidak memiliki jendela kaca seperti layaknya Daihatsu Zebra minibus. Uniknya, pintu bagian tengah bersistem slidding doors.

Unik, tentu saja. Yang sedang Anda perhatikan itu adalah Daihatsu Zebra Blind Van 1.3. Meski mobil ini berkelas kargo, perwajahannya tetap aerodinamis seperti layaknya Daihatsu Zebra minibus.

Untuk sebuah kendaraan kargo, Daihatsu Zebra Blind Van 1.3 memiliki ruang penyimpan yang cukup besar. Dengan panjang 3.835 mm, lebar 1.560 mm, dan tinggi 1.860 mm, Daihatsu Zebra Blind Van 1.3 sanggup menampung cukup banyak barang. Itu bisa dibuktikan ketika pintu bagian samping digeser. Dengan bukaan pintu yang ringan, dalam sekejap Anda akan menemukan ruang penyimpan yang cukup lega, dengan langit-langit yang tinggi. Terpikir untuk mengaplikasikan sesuatu di dalamnya? Memodifikasikannya menjadi ruang tidur (seperti layaknya caravan)? Atau mungkin ingin meletakkan gantungan agar berfungsi sebagai kendaraan pengantar laundry? Atau mungkin juga bagi Anda para pemilik rumah sakit, ingin mengubahnya menjadi mobil ambulans? Hal itu mungkin saja. Dengan dimensi ruang yang besar berikut bukan pintu yang lapang, Anda bisa memodifikasikannya sesuai kebutuhan Anda.

Tidak berbeda jauh dengan tampilan dalam Daihatsu Zebra minibus, kabin kemudi Zebra Blind Van pun tetap memberikan kenyamanan. Dua buah kursi berbalut kulit dan lapangnya dimensi dashboard tetap memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penumpangnya. Jarak pandangnya pun tak berbeda dengan tampilan Daihatsu Zebra minibus. Sangat lapang, dengan desain kaca yang miring memberikan kesan seperti mengendarai sebuah sedan.

Kenyamanan ruang kemudi bisa diandalkan, begitu juga dengan mesinnya. Seperti yang sudah lama tersiarkan, bahwa banyak dari pengusaha-pengusaha di Indonesia memilih Daihatsu Zebra sebagai kendaraan transportasi pengantar barang, karena memiliki mesin yang tangguh, dan mudah serta murah perawatannya, hal itu pun terbuktikan pada Daihatsu Zebra Blind Van 1.3 ini. Jika suatu waktu Anda berkunjung ke diler Daihatsu Astra, mungkin Anda bisa melihat-lihat ruang dapur pacu yang terletak di belakang bangku depan. Buka coat anti panasnya, dan angkat penutup mesinnya. Di situ akan terlihat mesin HC-C bensin berpendingin air, 4 langkah, 4 silinder, 16 katup dengan sistim SOHC. Menurut presisi ahli di Daihatsu mesin berkapasitas 1295cc itu sanggup memuntahkan tenaga hingga 75 Hp pada 6.000 rpm. Pengapiannya pun menggunakan sistim CDI, dan hasilnya pembakaran pun jadi lebih maksimal.

Ekonomis dalam konsumsi bahan bakar, ekonomis pula dalam perawatan onderdilnya. Itu karena mesin Daihatsu Zebra Blind Van 1.3 menggunakan timing belt yang kuat dan tahan lama. Sekalipun (dalam keadaan tertentu) timing belt-nya putus, hal itu tidak akan berdampak buruk pada piston. Itu karena piston-nya merupakan desain terbaru dan lebih tangguh.

Masalah banjir pun sudah diperhitungkan dengan baik oleh para pendesain Zebra Blind Van ini. Dengan perangkat distributor desain baru, niscaya keadaan alam seperti banjir tak akan jadi masalah selama di perjalanan.

Dengan perangkat suspensi MacPherson strut dan rem cakaram plus booster, keamanan pengemudi dan barang pun cukup terjamin.

0 komentar: